Jumat, 25 Maret 2011

Tips sukses menghadapi ulangan

Selama menjadi siswa kita tidak akan terlepas dengan yang namanya ulangan. Dari ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian akhir, ujian lisan, ujian praktek dan lain – lain. Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar sukses menghadapi ulangan :
1. Belajar
Mau pintar? Ya belajar! Tidak ada hasil yang diperoleh tanpa kerja keras. Persiapkan materi yang akan diujikan. Biasanya guru kalian memberitahukan standar kompetensi materi tersebut diawal pelajaran. Guru juga menerangkan indikator – indikator dari suatu materi ajar. Soal ulangan pun tidak akan jauh dari indikator tadi. Jadi kalian bisa berspekulasi kira – kira bagaimana bentuk soal dan pertanyaan – prtanyaan yang akan dikeluarkan.
2. Jangan takut
Ketika pertama kali membuka soal, ekspresi siswa beragam. Dari terperangah sampai senyum – senyum. Semoga kalian termasuk yang tersenyum. Apalagi jika soal berbentuk essay, dijamin siswa akan menarik nafas panjang. Jangan takut duluan, kalau diberikan soal apa pun bentuknya , just do it.
3. Konsentrasi dan fokus
Konsentrasi saat mengerjakan soal – soal ulangan. Baca baik – baik soal dan pilihan jawaban. FoKus pada saat menyilang , silang A jika jawaban A. Saat menjawab soal essay tulislah jawaban sesuai perintah. Jika diminta jelaskankan secara singkat, kamu tidak perlu menulis panjang lebar selain buang waktu. Nanti gurunya mikir kamu lebaykonsentrasi bukan berarti gak boleh bergerak lho…
4. Relaks
Jangan tegang saat mengerjakan ulangan. Bisa – bisa apa yang sudah kalian persiapkan lenyap begitu saja. Soal mudah terlihat sulit. Soal sulit dilihat super sulit. Padahal kalau kalian mengerjakan dengan santai semuanya akan mudah.

Siswa sering terjebak dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diterapkan disekolah mereka. Rata – rata mereka belajar untuk mengejar nilai minimal. Padahal jika belajar dengan sungguh – sungguh yakin dech, kalian dapat mengerjakan ulangan dengan baik. Pekerjaan yang baik hasilnya tentu akan baik juga. Dan nilai memuaskan pun tercapai. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar